You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Bulusari

Kec. Gempol, Kab. Pasuruan, Prov. Jawa Timur
Info

PEMDES BULUSARI SOSIALISASI PEMBEKALAN DAN BIMTEK 58 TIM RELAWAN POKJA


Bulusari.id

Pemerintah Desa (Pemdes) Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan melaksanakan sosialisasi pembekalan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) pendataan Sustainable Development Goals (SDGs), Rabu (28/04/21) pukul 19:30 Wib.

Bimtek SDGs bertempat di balai Desa Bulusari dan dihadiri 58 tim relawan Pokja dan Pemdes Desa Bulusari antara lain, Kades, Hj Siti Nurhayati. Sekdes, Ari Setiawan. Ketua BPD, Subhan dan anggota.

Hadir pula Kasun atau Kawil serta Pendamping Desa dan Kecamatan Gempol, Eko serta Wanto SH, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Kades Bulusarii menjelaskan pengertian SDGs adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

 
Ia mengharap, jangan sampai pendataan 3000-4000 KK ini hanya diatas meja saja. Kepada Tim 58 Relawan Pokja yang terpilih, Kades menghimbau , mereka dapat menjalankan dan fungsinya dengan normal.

“Dapatkan data yang real sesuai dilapangan, sehingga pembangunan Desa Bulusari bisa sesuai yang diharapkan, untuk itulah dibutuhkan data yang valid, lengkap, dan Kepala Desa berperan penting dalam memimpin berkelanjutan. Dari semua yang kami sampaikan terkait hal tersebut sangat berharap kegiatan ini bisa berjalan sesuai rencana kami,” Pungkas Hj,Siti Nurhayati.

Sementara itu Pendamping Desa Kecamatan Gempol menjelaskan apa itu SDGs. SDGs adalah agenda 2021-2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (The 2030 Agenda for Sustainable Development atau SDGs).

Menurutnya, SDGs adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia, dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

“SDDGs diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan. SDGs terdiri dari 18 Tujuan target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian ( SDGs) yang berakhir pada tahun 2030 an. Agar Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Desa Bulusari merupakan pembangunan berkelanjutan agar supaya menjadi Desa Mandiri,” Tegas Eko.

Bagikan artikel ini:
Komentar